Selasa, 28 Juni 2016

Macam-macam AC (Air Conditioner)

Selamat mengunjungi kembali blog favorit kami Service AC Taman Sidoarjo.

Pembaca sekalian, tentunya anda hanya tau ac bentuknya yang cuma itu-itu saja kan. Dan ternyata banyak lho macam-macam ac yang jarang kita ketahui. Baik.. saya akan mengulasnya berikut ini.

1. Split Wall
Ini adalah jenis AC yang paling umum digunakan di rumah, kantor maupun instansi di Indonesia, ini disebabkan beberapa faktor mulai dari gampangnya perawatan dan support.

AC ini terbagi menjadi dua bagian yaitu Indoor dan Outdoor. Indoor (seperti di gambar) adalah bagian yang mengeluarkan hawa dingin dan Outdoor adalah bagian tempat dimana mesin berada. Acapkali outdoor ditempatkan diluar ruangan karena mengeluarkan hawa yang panas dan kadangkala suaranya yang berisik.

Kapasitas AC ini mulai dari 0.5 pk - 2.5 pk. Remote yang digunakan untuk AC ini ada dua tipe yaitu Remote Gantung untuk model yang lama dan Remote Wireless untuk model yang sekarang ini. Ac ini sudah tersedia dalam inverter (hemat energi), ionizer, plasmacluster dan berbagai fitur lainnya.

2. AC Window
AC Window adalah AC yang berbentuk kotak dan dalam pengoperasiannya tidak menggunakan remote. Karena tombol kontrol sudah terintegrasi dengan AC ini. AC ini hanya terdiri dari satu bagian yaitu unit itu sendiri dan tidak ada istilah outdoor dan indoor AC.

AC ini sudah tidak diproduksi lagi karena dianggap sudah ketinggalan jaman dan karena tidak ada unit outdoor yang membuat AC ini tidak praktis. Kapasitas AC ini mulai dari 0.5 pk - 2.5 pk.

3. AC Standing Floor
AC Standing Floor adalah AC yang unit Indoonya berdiri dan mudah dipindahkan. Karena kepraktisannya ini, AC ini sering digunakan dalam acara-acara seperti acara ulang tahun, perkawinan, hajatan dan acara lainnya.

AC ini bisa dioperasikan dengan remote control. AC ini mempunyai bagian Indoor dan bagian Outdoor. Kapasitas AC ini mulai dari 2pk - 5pk.

4. AC Cassette
Jenis AC Cassette ini, indoornya menempel di plafon. jenis AC Cassette dengan berbagai ukuran mulai dari 1.5 pk sampai dengan 6pk.
Cara pemasangan ac ini memerlukan keahlian khusus dan tenaga extra, tidak seperti memasang ac rumah atau ac split, yang bisa dipasang sendirian.

5. AC Split Duct
AC Split Duct merupakan AC yang pendistribusian hawa dinginnya menggunakan Sistem Ducting. Dengan kata lain AC Split Duct tidak memiliki pengatur suhu sendiri-sendiri melainkan dikontrol pada satu titik. Tipe AC ini biasanya digunakan di Mall  atau gedung-gedung yang memiliki ruangan luas.

AC Split Duct tidak pernah terlepas dari sistem Ducting yang merupakan bagian penting dalam sistem AC sebagai alat penghantar udara yang telah dikondisikan dari sumber dingin ataupun panas ke ruang yang akan dikondisikan. Perkembangan desain ducting untuk AC hingga saat ini sangat dipengaruhi oleh tuntutan efisiensi, terutama efisiensi energi, material, pemakaian ruang, dan perawatan.

6. AC Inverter
AC Inverter merupakan jenis AC Split yang menggunakan teknologi inverter. Inverter yang terdapat di dalam unit AC merupakan alat/komponen untuk mengatur kecepatan motor-motor listrik. Disini inverternya terdiri dari Rectivier dan Pulse-width modulator, dengan menggunakan inverter motor listrik menjadi variable speed, kecepatannya bisa diubah-ubah atau disetting sesuai dengan kebutuhan. Jadi, dibandingkan AC Split biasa, type AC Inverter lebih hemat listrik ± 60%.

7. AC VRV
Nah ini dia AC tercanggih saat ini. AC VRV memiliki satu outdoor dan beberapa unit indoor dengan berbagai tipe seperti split wall, cassete, floor standing, dll.

VRV = Variable Refrigerant Volume merupakan sistem kerja refrigerant yang berubah-ubah. Sistem VRV adalah sebuah teknologi yang sudah dilengkapi dengan CPU dan kompresor inverter dan sudah terbukti menjadi handal, efisiensi energi, melampaui banyak aspek dari sistem AC lama seperti AC Sentral, AC Split, atau AC Split Duct. Jadi dengan Sistem VRV, satu outdoor bisa digunakan untuk lebih dari 2 indoor AC serta dapat mengatur jadwal dan temperatur AC yang diinginkan secara terkomputerisasi.

Itu dia macam-macam ac yang sering atau jarang kita jumpai. Semoga dapat menambah pengetahuan anda. Dan jangan lupa simak terus informasi-informasi yang menarik dari kami.

Untuk anda masyarakat kabupaten Sidoarjo yang sedang mencari informasi jasa pelayanan service ac maupun elektronik lainnya langsung saja hubungi CV Anugerah Teknik Abadi. Karena CV Anugerah Teknik Abadi pusatnya service, panggilan, perawatan, dan jual beli elektronik lainnya. Selain AC, kami juga melayani jasa service mesin cuci top loading, mesin cuci front loading, kulkas, freezer kulkas, freezer box, water heater, cold storage, chiller, ice maker, kipas angin, tv, cctv, pompa air, kompor gas, dispenser, microwave, dll. Juga melayani penggantian sparepart mesin cuci, ac, dispenser, dll.

Jadi tunggu apa lagi segera hubungi kantor kami di :
CV ANUGERAH TEKNIK ABADI
Jl. Wonorejo 3/120 Surabaya


Atau telpon kami di :
Telp           : 0315461679
Telkomsel : 081230032650/082234555258
Axis           : 083830946375
Indosat       : 085731878500
Pin BBM   : 5ED1DCF3
WA             : 082234555258

Area lokal pengerjaan kami meliputi Surabaya Pusat, Surabaya Utara, Surabaya Selatan, Surabaya Barat, Sidoarjo, Waru, Gedangan, Candi, Buduran, Gresik, Menganti, Driyorejo, Kebomas, Sidayu, dan area jawa timur.

Warning :
Bila anda menggunakan jasa kami, Sebaiknya anda langsung menghubungi kantor pada nomor yang sudah tertera di blog/website kami. Dan apabila terdapat kecurangan seperti memberikan nomor telfon pribadi (Teknisi) kepada Customer tanpa sepengetahuan dari pihak kantor, hendaknya menolak/melaporkannya kepada kami. Apabila tidak, maka yang mengalami kerugian adalah anda sendiri dan kami pihak kantor tidak akan bertanggung jawab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar